Sunday 13 January 2013

Kenapa Hukum itu kadang menyenangkan bagi saya

Hukum bisa begitu menyenangkan,
Aturan-aturan yang lain begitu mahal diperoleh. Ada aturan yang begitu mengikat masyarakat dan untuk mengikutinya, anda harus terlahir di sana, membayar banyak kepada tetua masyarakat, dan sudah begitupun orang-orangnya tidak konsisten memperlakukan anda walaupun anda sudah menghormati aturan mereka.
Ada aturan-aturan yang dengan seenaknya mengeksploitasi orang lain dan tidak mau membawa orang kepada pengadilan yang adil, dan menghukum siapa saja yang berpikir untuk dirinya sendiri.

Di dalam hukum ekspektasinya manusiawi,
Lagipula selain hukum itu adalah informasi publik, hukum juga sudah mendukung begitu banyak perusahaan, institusi pemerintah, dll yang universal, berlaku umum, berlaku luas, dan memiliki pengadilan yang bersemangatkan keadilan.
Saya ulangi lagi, MURAH, dan untuk semua orang. Anda boleh datang dari planet lain, tapi kalau anda sudah membaca hukum, menghormatinya, dan menerapkannya, anda berhak mendapatkan perlakuan yang sesuai.

Bayangkan betapa baiknya hukum negara kita ini. Informasi publik, begitu inklusif, damai, dan produktif. Aturan-aturan yang lain solusinya memeras bahkan memerangi kelompok lain. Tapi di dalam hukum, kalaupun ada yang tidak baik, bisa diaudit dan secara terang-terangan diperjuangkan untuk diubah dengan ruang yang minimal kepada orang-orang jahat untuk berbohong.

Sekarang sudah 2013, kebanyakan aturan-aturan masyarakat sudah jadi hukum. Kalau ada aturan-aturan yang begitu mahal, tapi tidak menjadi hukum, saya bertanya-tanya ada apa selama ini kenapa sampai tidak jadi hukum.

 

No comments:

Post a Comment